Sumber pengetahuan menuju kesuksesan

Kamis, 30 Januari 2014

Makalah Kincir Air



PENDAHULUAN
Air merupakan sumber energi yang murah dan relatif mudah didapat, karena pada air tersimpan energi potensial (pada air jatuh) dan energi kinetik (pada air mengalir). Kincir air (Hydropower) adalah energi yang diperoleh dari air yang mengalir. Energi yang dimiliki air dapat dimanfaatkan dan digunakan dalam wujud energi mekanis maupun energi listrik. Pemanfaatan energi air banyak dilakukan dengan menggunakan kincir air atau turbin air yang memanfaatkan adanya suatu air terjun atau aliran air di sungai.

Pemanfaatan Energi air
Pemanfaatan energi air dalam skala kecil dapat berupa penerapan kincir air. Dikenal ada tiga jenis kincir air berdasarkan sistem aliran airnya, yaitu : overshot, breast-shot, dan under-shot.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj3Oo-lkF7HpzXeEFu1amSHYN1L5sqrOjofMu74NichWUV543i6A8jVnVHHEXW7m7eOHya1Oe_pkXoeWto0lbw2Em40KkZpRSFlrXpj6oDWJwOe98_BBpDEl6mRbnzLm7sN600djttyuZib/s1600/wheelshots.jpg
Gambar: Jenis-jenis kincir air


Daya
Untuk membuat Kincir air sebenarnya tidak harus dengan arus air yang kuat. dengan memanfaatkan air sungai atau selokan sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai penggerak kincir air, meskipun listrik yang akan dihasilkan kecil. Oleh karena itu diperlukan perhitungan yang tepat untuk menghasilkan listrik yang sesuai dengan kebutuhan serta dapan memaksimalkan kemampuan maksimal dari generator yang digunakan.


  rumus yang bisa digunakan untuk perhitungan dalam membuat pembangkit listrik dengan kincir air yaitu:
       P = Q x g x h
       Dimana:
       P : daya (kwh)
       Q : debit air (m3/s). menyatakan volume air yang mengalir dalam satu detik.
       g : konstanta grafitasi (9,8m/s2)
       h : ketinggian (m) dihitung dari permukaan sampai penggerak mula

Manfaat Kincir Air
     a. Sebagai pembangkit tenaga listrik
     b. Membantu proses irigasi

Prinsip Kerja Kincir Air
Cara kerja dari kincir air ini adalah dengan memasang papan kayu sebagai tempat mengarahkan air menuju putaran kincir. Kemudian pada kincir dipasangi turbin kecil, dan magnet. Pada kincir juga dipasangi tali karet untuk mengubungkan putaran turbin besar dan turbin kecil yang akhirnya dapat memutarkan magnet.Arus listrik yang dihasilkan dipengaruhi oleh derasnya air yang mengalir menuju putaran magnet. Semakin deras air maka semakin cepat putaran magnet.

Putaran magnet yang cepat maka akan menghasilkan arus listrik yang besar. Dari arus yang dihasilkan magnet itu, kita dapat menikmati penerangan. Dengan memanfaatkan energi air yang diubah menjadi arus listrik .
gun303.jpg







Adapun alat-alat utama yang mendukung dalam pembuatan keincir ait yaitu:

Turbin(kincir)
  Berfungsi mengubah  aliran air menjadi energi mekanik. Air yang jatuh akan mendorong baling-  baling sehingga menyebabkan turbin berputar. Perputaran turbin ini dihubungkan ke generator.
kayuwheel1.jpg
Gambar: Turbin ( kincir) yang d gunakan untuk memutar generator

Generator  listrik
   Berfungsi untuk   merubah energi mekanik menjadi energi listrik.
http://akhdanazizan.com/wp-content/uploads/2013/05/Generator-Listrik.png
Gambar: Generator Listrik yang di gunakan pada kincir Air Pembangkit listrik
Gear Box
   Berfungsi untuk menambah kecepatan putaran dari kincir ke generator
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTWVhw-2Z4wsm0TPf4srGXd7kUJXrOqvCncdt5d90qJWW3DgfuZYQ
Gambar: Gear box yang di gunakan untuk menambah kecepatan putaran


Teori Pengoprasian
Aliran air diarahkan langsung menuju sudu-sudu kincir melalui pengarah, menghasilkan daya pada sirip. Selama sudu berputar, gaya bekerja melalui suatu jarak, sehingga menghasilkan kerja. Dalam proses ini, energi ditransfer dari aliran air ke turbin.
                                 
http://www.kabarjatim.com/images/listri-tenaga-air.jpg
Gambar: Kincir Air pembangkit listrik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar